Dasar-dasar Hukum yang dipakai Imam Syafi’i

Dasar-dasar Hukum yang dipakai Imam Syafi’i Imam Syafi’i terkenal sebagai seorang yang membela mazhab Maliki dan mempertahankan mazha... thumbnail 1 summary

Dasar-dasar Hukum yang dipakai Imam Syafi’i


Imam Syafi’i terkenal sebagai seorang yang membela mazhab Maliki dan mempertahankan mazhab ulama Madinah hingga terkenallah beliau dengan sebutan Nasyirus Sunnah (penyebar Sunnah).
Mengenai dasar-dasar hukum yang telah dipakai oleh Imam Syafi’i sebagai acuan pendapatnya termaktub dalam kitabnya ar –Risalah sebagai berikut:

a.       Al-Qur’an. Beliau mengambil dengan makna (artinya) yang lahir, kecuali jika didapati alasan yang menunjukkan bukannya arti yang lahir itu yang harus dipakai (dituruti).
b.      As-Sunnah. Beliau mengambil sunnah atau hadits Nabi saw. tidaklah mewajibkan yang mutawatir saja, tetapi juga yang ahad pun diambil dan dipergunakan pula untuk menjadi dalil, asal telah mencukupi syarat-syaratnya. Yakni selama perawi hadits itu orang kepercayaan, kuat ingatan, dan bersambung langsung sampai kepada Nabi saw.
c.       Ijma’. Beliau mengambil dan menetapkan adanya itu ialah ijma’ para sahabat, dan jika didapat seorang dari sahabat Nabi yang menyalahinya, belumlah diartikan telah ijma’ (sepakat). Jadi beliau mempergunakan alasan Ijma’ itu bilamana sudah terang tidak ada seorang pun yang menyalahinya, atau tidak diketahui seorang pun yang membantahnya.
d.      Qiyas. Beliau mengambil dan mempergunakan hukum Qiyas itu apabila sudah terang tidak didapati dalil yang terang dari Al-Qur’an, dan dari Sunnah atau Hadits yang shahih. Beliau tidak terburu-buru menjatuhkan hukum secara Qiyas, sebelum menyelidiki lebih dalam atau tidaknya hukum itu dipergunakan.
e.       Istidlal (Istishab). Apabila beliau dalam suatu urusan yang bertalian dengan hukum sudah tidak mendapati dalil dari Ijma’ dan Qiyas, maka barulah beliau mengambil dengan jalan Istidlal, mencari alasan, bersandarkan atas kaidah-kaidah (undang-undang) agama meskipun dari agama yang diwahyukan sebelum Islam (Yahudi dan Nasrani), dan tidak sekali-kali beliau mempergunakan pendapat atau buah fikiran manusia, juga beliau tidak mau mengambil hukum dengan cara istihsan, seperti yang biasa dikerjakan oleh para ulama dari pengikut Imam Hanafi di Baghdad.[2]   



[1] Musthofa Muhammad Asy Syak’ah, Islam Tidak Bermazhab, Jakarta: Gema Insani, 1994, hal.360
[2] Moenawar Chalil, Op.Cit, hal.244-245